BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Makanan Pokok adalah makanan paling utama yang dimakan oleh manusia dalam
kehidupan sehari-hari. Makanan
pokok ini umumnya menyediakan nutrisi yang cukup bagi tubuh manusia dan bisa
untuk mempertahankan hidup sesuai dengan iklim serta keadaan di lingkungannya.
Macam-macam
makanan pokok misalnya beras, jagung, sagu, ubi, singkong, roti dan sebagainya
yang menjadi bahan utama ketika makan. Biasanya manusia memakan makanan pokok
disertai dengan makanan tambahan seperti lauk pauk, keju, mentega dan
sebagainya sesuai dengan jenis makanan pokok mereka.
Makanan
yang selain makanan pokok disebut makanan sampingan yang merupakan tambahan
atau pelengkap yang bisa berupa lauk pauk atau makanan lainnya. Makanan
tambahan bukan merupakan bahan utama karena bisa diganti dengan makanan lainnya
sesuai dengan selera manusia setiap hari. Makanan tambahan yang dimakan bersama
makanan pokok ini berfungsi untuk membantu menggugah selera serta untuk mengindari
rasa bosan saat makan.
Oleh
karena itu kami melakukan penelitian tentang Analisis selera konsumen terhadap
pembelian bahan makanan pokok di pasar sentral kota lama kendari
1.2 RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah
dalam penelitian ini berbentuk pertanyaan penelitian sebagai berikut :
1. Bagaimana
Produk bahan makanan pokok apa yang paling diminati dipasar?
2. Bagaimana harga
bahan makanan pokok di pasar?
3. Bagaimana
kondisi lokasi pasar bagi konsumen?
4. Bagaimana
bentuk promosi bahan makanan pokok di pasar?
1.3 MANFAAT PENELITIAN
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada
pengembangan ilmu, terutama pada bidang ilmu Entrepreunership. Model yang
digunakan dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan struktur yang
memadai untuk mengukur selera konsumen terhadap pembelian bahan makanan pokok dan juga diharapkan bisa dipakai sebagai acuan
untuk riset-riset mendatang.
Di samping itu hasil dari penelitian
ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi kami dan juga
organisasi dalam pengambilan keputusan sehubungan dengan selera konsumen terhadap pembelian produk
bahan makanan pokok .
BAB II
METODE PENELITIAN
1.1
Jenis Penelitian
Penelitian ini berbentuk analisis
deskriptif, yaitu jenis penelitian survei yang bertujuan untuk
menjelaskan produk bahan makanan pokok yang paling diminati di pasar sentral
kota lama kendari.
2.2
Tempat dan waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan
di pasar sentral kota lama kendari. Penelitian ini sudah di lakukan pada hari
sabtu tanggal 5 bulan juli 2014 sekitar pukul 10.30 wit.
2.3
Jenis data
o
Data Primer
Data primer yaitu data yang
diperoleh secara langsung dari konsumen dari hasil wawancara langsung
menggunakan kuesioner
o
Data
sekunder
Data sekunder yaitu data yang
diperoleh melalui studi dokumentasi dengan mempelajari berbagai tulisan melalui
buku, internet, dan skripsi yang berhubungan dengan penelitian.
2.4 Metode pengumpulan data
o
Studi Dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi
dari buku-buku, internet, dan skripsi yang berkaitan dengan penelitian
o
Wawancara, yaitu melakukan tanya jawab secara langsung dengan
pihak-pihak yang bersangkutan yaitu konsumen yang berada dipasar
2.5 Metode Analisis data
o
Metode analisis deskriptif
Metode Analisis Deskriptif merupakan cara merumuskan dan
menafsirkan data yang ada sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai sebuah
produk bahan makanan pokok dipasar sentral kota lama kendari
o
Metode
analisis marketing mix (bauran pemasaran)
Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan
fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran
adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta
dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar
yang dituju.
1. Product
Produk merupakan elemen penting dalam sebuah program
pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya.
Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut
tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen
2. Price
Menurut Monroe (2005) menyatakan bahwa harga merupakan
pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau
jasa. Selain itu harga salah satu faktor penting konsumen dalam mengambil
keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (Engel, Blackwell dan Miniard,
1996).
3. Place
Kotler (2000: 96) menyatakan
bahwa “Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan
segala kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status
pemiliknya dari produsen ke konsumen”. Dari definisi diatas dapat diartikan
bahwa saluran distribusi suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi
untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke
konsumen akhir atau pemakai industri.
Distribusi berkaitan dengan
kemudahan memperoleh produk di pasar dan tersedia saat konsumen mencarinya.
Distribusi memperlihatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk
menjadikan produk atau jasa dipe roleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.
4. Promotion
Promosi adalah kegiatan
mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain dalam
saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Melalui periklanan
suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan
masyarakat melalui media-media yang disebut dengan media massa seperti Koran,
majalah, tabloid, radio, televise dan direct mail (Baker, 2000:7).
Media promosi yang dapat
digunakan pada bisnis ini antara lain (1) Periklanan, (2) Promosi penjualan,
(3) Publisitas dan hubungan masyarakat, dan (4) Pemasaran langsung. Penentuan
media promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk produk itu
sendiri
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1 KARAKTERISTIK
RESPONDEN
Berdasarkan hasil
penelitian, karakteristik konsumen dapat dilihat dari
Tabel identitas responden dibawah ini.
IDENTITAS RESPONDEN
No
|
Nama
|
Alamat
|
Umur
|
Jenis kelamin
|
Pekerjaan
|
1
|
Wati
|
Lr.lasolo
|
40 tahun
|
Perempuan
|
IRT
|
2
|
Arman
|
Jl.bunga tanjung
|
22 tahun
|
Laki-laki
|
Kolektor
|
3
|
Jusmiati
|
Jl.cumi-cumi
|
52 tahun
|
Perempuan
|
Wiraswasta
|
4
|
Nia
|
Kota lama
|
35 tahun
|
Perempuan
|
IRT
|
5
|
Nurjannah
|
K. salampe
|
26 tahun
|
Perempuan
|
Guru
|
6
|
Herman
|
Jl. cakalang
|
36 tahun
|
Laki-laki
|
Wiraswasta
|
7
|
Nita
|
Andonohu
|
25 tahun
|
Perempuan
|
Mahasiswa
|
8
|
Rita
|
|
35 tahun
|
Perempuan
|
IRT
|
9
|
Eli
|
|
23 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
10
|
Sulasmi
|
Mandonga
|
38 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
11
|
Widya
|
Teplan
|
32 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
12
|
Indah
|
Kemaraya
|
38 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
13
|
Mariam
|
Gunung Jati
|
35 tahun
|
perempuan
|
Wiraswasta
|
14
|
Amiruddin
|
Kendari caddi
|
28 tahun
|
Laki-laki
|
Wiraswasta
|
15
|
Ana
|
Kota lama
|
25 tahun
|
perempuan
|
|
16
|
Selvi
|
Kendari Beach
|
45 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
17
|
Yusri
|
Kota lama
|
35 tahun
|
Laki-laki
|
Wiraswasta
|
18
|
Indah
|
Gunung jati
|
24 tahun
|
perempuan
|
|
19
|
Retno
|
Kota lama
|
30 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
20
|
Lina
|
|
40 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
21
|
Ekawanti
|
Kota lama
|
30 tahun
|
perempuan
|
Wiraswasta
|
22
|
Asmarani
|
Jl. cakalang
|
33 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
23
|
Rika
|
|
24 tahun
|
perempuan
|
Mahasiswa
|
24
|
Dewi
|
Kota lama
|
37 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
25
|
Riska
|
|
30 tahun
|
perempuan
|
Wiraswasta
|
26
|
Faizah
|
Kota lama
|
34 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
27
|
Rahmi
|
|
29 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
28
|
Jamaluddin
|
Mandonga
|
42 tahun
|
Laki-laki
|
Wiraswasta
|
29
|
Fitriyani
|
Kota lama
|
38 tahun
|
perempuan
|
IRT
|
30
|
Desy
|
Kota lama
|
32 tahun
|
perempuan
|
Wiraswasta
|
31
|
Febriyanti
|
Jl.cumi-cumi
|
23 tahun
|
perempuan
|
Mahasiswa
|
Berdasarkan tabel identitas responden diatas menunjukkan bahwa
dari 31 responden ternyata terdiri 26
perempuan dan 5 laki-laki, mengindikasikan bahwa keputusan pembelian kategori
produk bahan makanan pokok lebih didominasi oleh perempuan. Sedangkan
berdasarkan umur yang paling banyak ternyata berkisar 20-35 tahun (74,19%) dan
36-55 (25,81%). Menurut salah satu ahli penduduk pada usia ini cenderung membelanjakan
uangnya untuk produk-produk yang berkualitas.berdasarkan pendidikan lebih dari
60% responden yang berpendidikan SMA ke atas. Hal ini mencerminkan bahwa responden
tersebut cenderung mempunyai pengetahuan yang cukup baik. Ditinjau dari mata
pencahariannya sebagian besar merupakan ibu rumah tangga (48,39%) dan sisanya
berbagai macam profesi (51,61%).
3.2 Hasil
penelitian
Dari
31 responden yang diwawancarai dapat di hasilkan data sebagai berikut:
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
|
PRODUCT
|
|
|
1
|
Apakah anda sering membeli bahan makanan
pokok di pasar ini
|
27 responden
(87,09%)
|
4 responden
(12,91%)
|
2
|
Apakah anda berbelanja di pasar kota lama
karena bahan makanan pokok lebih beraneka ragam
|
21 responden
(67.74%)
|
10 responden
(32.26%)
|
|
PRICE
|
|
|
3
|
Apakah anda membeli bahan makanan pokok di
sini karena harga terjangkau
|
19 responden
(61.29%)
|
12 responden
(38.71%)
|
4
|
Apakah harga bahan makanan pokok di sini
lebih terjangkau dibandingkan dengan pasar lain
|
13 responden
(41.94%)
|
18 responden
(58.06%)
|
|
PLACE
|
|
|
5
|
Menurut anda apakah pasar kota lam ini
tempatnya bersih
|
20 responden
(64.52%)
|
11 responden
(35.48%)
|
6
|
Anda membeli bahan makanan pokok di pasar
kota lama ini karena jarak pasar
dengan rumah anda dekat
|
27 responden
(87.10%)
|
4 responden
(12.90%)
|
|
PROMOTION
|
|
|
7
|
Anda membeli bahan makanan pokok di sini
karena informasi dari tetangga, keluarga dan orang lain
|
22 responden
(71,97%)
|
9 responden
(29,03%)
|
8
|
Anda membeli produk bahan makanan pokok
karena iklan yang diselenggarakan oleh pihak pasar
|
5 responden
(16.13%)
|
26 responden
(83.87%)
|
Pertanyaan tentang Produk
|
Jenis bahan makanan pokok
|
||
beras
|
Sayuran
|
Ikan & Daging
|
|
Bahan makanan pokok apa yang paling
sering anda beli?
|
10 responden
(32,26%)
|
15 responden
(48,39%)
|
6 responden
(19,35%)
|
Keterangan bahan makanan pokok yang
paling diminati
|
Beras cliwung dan beras kepala
|
Bayam dan kangkung
|
Ikan laut dan daging ayam
|
3.3 Pembahasan
hasil penelitian menggunakan marketing mix
3.3.1
Produk (Product)
ket :
Berdasarkan diagram diatas 87,09% responden
menyatakan bahwa mereka sering membeli bahan makanan pokok dipasar sentral kota
lama, dan 12,91% responden menyatakan bahwa mereka jarang berbelanja dipasar
sentral kota lama.
Ket:
Berdasarkan diagram diatas 67,74% responden
menyatakan bahwa alasan mereka belanja di pasar sentral kota lama karena di
pasar ini menyediakan beragam produk bahan makanan pokok, dan 32,26% responden
menyatakan bahwa mereka belanja di pasar ini bukan karena beragamnya produk
bahan makanan pokok yang terdapat dipasar sentral kota lama.
Ket:
Berdasarkan diagram diatas ada 32,26%
responden yang sering membeli beras, ada 48,39% responden yang sering membeli
sayuran dan 19,38% responden yang sering membeli lauk.
3.3.2
Harga (Price)
Ket:
Berdasarkan diagram diatas 61,29% responden
menyatakan bahwa alasan mereka belanja di pasar sentral kota lama karena di
pasar harga produk bahan pokok terjangkau, dan 38,71% responden menyatakan
bahwa harga bahan makanan pokok dipasar sentral kota lama agak mahal.
Ket:
Berdasarkan diagram diatas ada 41,94%
responden yang menyatakan bahwa harga produk bahan pokok di pasar sentral kota
lama lebih terjangkau dari pasar lain, dan 58,06% responden menyatakan tidak
setuju harga produk bahan makanan pokok di pasar sentral kota lama lebih
terjangkau dari pasar lain. Diantara beberapa responden yang tidak setuju Ada
yang menyatakan harga produk bahan makanan pokok dipasar sentral kota lama
lebih mahal dan ada pula yang menyatakan harga bahan makanan pokok dipasar
sentral kota lama sama dengan harga pasar lain.
3.3.3
Tempat (palcement)
Ket:
Berdasarkan diagram diatas ada 64,52%
responden yang menyatakan bahwa pasar
sentral kota lama tempatnya bersih, dan 35,48% responden menyatakan pasar
sentral kota lama tempatnya kotor.
Ket:
Berdasarkan diagram diatas ada 87,10% responden
menyatakan bahwa alasan mereka belanja di pasar sentral kota lama karena jarak
pasar dengan rumah dekat, dan 12,90% responden menyatakan bahwa jarak pasar
dengan rumah berjauhan.
3.3.4
Promosi (Promotion)
Ket:
Berdasarkan diagram diatas ada 71,97% responden
menyatakan bahwa mereka belanja di pasar sentral kota lama karena mendapat
informasi dari tetangga, keluarga, atau orang lain, dan 28,03% responden
menyatakan mereka belanja di pasar sentral kota lama bukan mendapat informasi
dari tetangga, atau orang lain tetapi mendapat informasi dari pihak lain.
Ket:
Berdasarkan diagram diatas 16,13% responden
menyatakan bahwa mereka belanja di pasar sentral kota lama karena mendapat
informasi dari iklan yang diselenggarakan oleh pihak pasar, dan 83,87%
responden menyatakan mereka belanja di pasar kota lama bukan karena mendapat
informasi dari iklan yang diselenggarakan oleh pihak pasar tetapi mendapat
informasi dari pihak lain.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
Engel,
James F., Blackwell, Roger D. & Miniard, Paul W. 1995. Perilaku
Konsumen. Alih Bahasa: F. X. Budiyanto, Jilid I, Binarupa Aksara, Jakarta
Kotler,
Philip. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan
Control. Terjemahan. Edisi kedelapan, jilid I, Prenhallindo, Jakarta.
Monroe,
Allard C.R. Van Riel et al., 2005. Marketing Antecedent of Industrial Brand
Equity: An Empirical Investigation in Spesialty Chemical. Industrial
Marketing Management (12) 841-847.
Baker,
Gary. 2000. Marketing Management. Twelved Edition. New York: MC Graw Hill, Inc.
Basu Swasta DH & T. Hani. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku
Konsumen, Liberty, Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar