running text


web stats

Sabtu, 19 Juli 2014

Materi Pengantar Manajemen



Pengantar manajemen
1.      Definisikan pengertian perencanaan menurut para ahli di lihat dari sudut pandang yang berbeda tapi mempunyai makna yang sama??
Pengartian perencanaan menurut para ahli
·         Harold Koontz dan Cyril O’donnel
Perencanaan adalah fungsi seorang manajer yang berhubungan dengan memilih tujuan-tujuan, kebijakan-kebiajakan, prosedur-prosedur, program-program dari alternatif-alternatif yang ada.
·         G.R Terry
Perencanaan adalah memilih dan menghubungkan fakta serta menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa yang akan datang dengan jalan menggamabarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan yang di perlukan unutk mencapai hasil yang dinginkan.
·         Louis A Allen
Perencaanaan adalah menentukan serangkaian tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
·         Billy E Goetz
Perencaan adalah pemilihan yang fundamental dan masalah perencanaan timbul, jika terdapat alternatif-alternatif.
·         The New Webster Dictionary
Perencanaan adalah pernyataan dari segala sesuatu yang di kehendaki yang digambarkan dalam suatu pola atau peta-peta, gambar atau pernyataan dari bagian-bagiannya sesuai dengan pola tertentu.

2.      Asas merupakan suatu yang fundamental, yang dapat di jadikan pedoman pemikiran dan tindakan. Sebutkan dan asas-asas perencanaan menurut MALAYU S.P. HASIBUAN??
Asas-asas perencanaan menurut Drs Malayu S.P Hasibuan adalah :
·         Principle of contribution to objective
·         Principle of eficiency of planning
·         Principle of primacy of planning
·         Principle of pervasiveness of planning
·         Principle of planning premise
·         Principle of policy frame work
·         Principle of timming
·         Principle of planning communication
·         Principle of alternative
·         Principle of limiting factor
·         The commitment principle
·         Principle of flexibility
·         Principle of navigation change
·         Principle of strategic planning






3.      Jelaskan macam-macam organisasi berdasarkan:
·         Proses pembentukan
·         Hubungan dengan pemerintah
·         Berdasarkan tujuan
       Macam-macam bentuk organisasi
Berdasarkan proses pembentukannya
·         Organisasi formal
Adalah organisasi yang du bentuk secara sadar dengan tujuan-tujuan tertentu yang di sadari pula yang diatur dengan ketentuan-ketentuan formal dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.
·         Organisasi informal
Adalah organisasi yang di bantuk tanpa disadari sepenuhnya, tujuan juga tidak jelas, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga tidak ada dan hubungan-hubungan terjadi secara pribadi saja.
Berdasarkan kaitan hubungannya dengan pemerintah
·         Organisasi resmi
Adalah organisasi yang yang di bentuk oleh pemerintah atau harus terdaftar pada lembaran negara. Seperti lembaga pemerintahan, yayasan, dan perusahaab yang berbdan hukum.
·         Organisasi tidak resmi
Adalah organisasi yang tidaak ad hubungannya dengan pemerintah atau tidak terdaftar dalam lembaran negara. Seperti klub olahraga, kelompok belajar dll.
Berdasarkan tujuannya
·         Organisasi sosial
Adlah organisasi nonprofit yang tujuan utamanya untuk melayani kepentingan umum. Seperti pemerintah, yayasan-yayasan sosial, dll
·         Organisasi perusahaan
Adalah organisasi yang didirikan dengan tujuan komersial atau mendapatkan laba. Dan semua tindakannya bermotif laba. Seperti firma,CV, PT dll.

4.      Jelaskan asas pengorganisasian di bawah ini :
·         Principle of organisation objectives
·         Principles of the span of management
·         Principle of personel placement
Asas pengorganisasian
·         Principles of organisation object
Menurut asas ini tujuan organisasi harus jelas dan rasional, apakah bertujuan mendapatkan laba atau tidak.
·         Principle of span
Menurut asas ini seorang manajer hanya dapat memimpin secara efektif sejumlah bawahan tertentu, misalnya 3 sampai 9 orang. Jumlah bawahan ini tergantung kecakapan dan kamampuan manajer bersangkutan.
·         Principle of personnel placement
Menurut asas ini hendaknya penempatan orang-orang pada setiap jabatan harus didasarkan atas kecakapan,keahlian dan keterampilan



5.      Kemukakan 4 pilar pengorganisasian menurut netti siska nurhayati
                Pilar pertama
·         Pembagian kerja (divison of work)
Adalah upaya untuk menyederhanakan dari keseluruhan kegiatan dan pekerjaan yang mungkin saja bersifat kompleks dan dapat menjadi lebih sederhana dimana setiap orang akan di tugaskan dan di tempatkan di tempat yang sederhana tersebut
Pilar kedua
·         Pengelompokan pekerjaan (departmentalization)
Setelah pekerjaan di spesifikasikan maka kemudian pekerjaan-pekerjaan tersebut akan di kelompokan bedasarkan kriteria tertentu dan sejenis. Pada dasarnya adalah prosesnya penamaan dan pengalompokan bagian atau kelompok pekerjaan berdasarkan kriteria tertentu.
Pilar ketiga
·         Penentuan relasi antar bagian (hieracy)
Adalah proses penentuan relasi antar bagiandalam organisasi, baik secara vertikal maupun secara horizontal.
Pilar keempat
·         Koordinasi (coordination)
Adalah proses dalam mengintegrasikan seluruh aktifitas dari berbagai departemen atau bagian dalam organisasi agar tujuan dari organisasi dapat tercapai secara efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar