Pengantar manajemen
1. Definisikan pengertian perencanaan
menurut para ahli di lihat dari sudut pandang yang berbeda tapi mempunyai makna
yang sama??
Pengartian perencanaan menurut para ahli
·
Harold
Koontz dan Cyril O’donnel
Perencanaan adalah fungsi
seorang manajer yang berhubungan dengan memilih tujuan-tujuan,
kebijakan-kebiajakan, prosedur-prosedur, program-program dari
alternatif-alternatif yang ada.
·
G.R
Terry
Perencanaan adalah
memilih dan menghubungkan fakta serta menggunakan asumsi-asumsi mengenai masa
yang akan datang dengan jalan menggamabarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan
yang di perlukan unutk mencapai hasil yang dinginkan.
·
Louis
A Allen
Perencaanaan adalah
menentukan serangkaian tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
·
Billy
E Goetz
Perencaan adalah
pemilihan yang fundamental dan masalah perencanaan timbul, jika terdapat
alternatif-alternatif.
·
The
New Webster Dictionary
Perencanaan adalah
pernyataan dari segala sesuatu yang di kehendaki yang digambarkan dalam suatu
pola atau peta-peta, gambar atau pernyataan dari bagian-bagiannya sesuai dengan
pola tertentu.
2. Asas merupakan suatu yang
fundamental, yang dapat di jadikan pedoman pemikiran dan tindakan. Sebutkan dan
asas-asas perencanaan menurut MALAYU S.P. HASIBUAN??
Asas-asas perencanaan menurut Drs Malayu S.P Hasibuan adalah :
·
Principle
of contribution to objective
·
Principle
of eficiency of planning
·
Principle
of primacy of planning
·
Principle
of pervasiveness of planning
·
Principle
of planning premise
·
Principle
of policy frame work
·
Principle
of timming
·
Principle
of planning communication
·
Principle
of alternative
·
Principle
of limiting factor
·
The
commitment principle
·
Principle
of flexibility
·
Principle
of navigation change
·
Principle
of strategic planning
3. Jelaskan macam-macam organisasi berdasarkan:
·
Proses
pembentukan
·
Hubungan
dengan pemerintah
·
Berdasarkan
tujuan
Macam-macam
bentuk organisasi
Berdasarkan proses pembentukannya
·
Organisasi
formal
Adalah organisasi yang du
bentuk secara sadar dengan tujuan-tujuan tertentu yang di sadari pula yang
diatur dengan ketentuan-ketentuan formal dalam anggaran dasar dan anggaran
rumah tangga.
·
Organisasi
informal
Adalah organisasi yang di
bantuk tanpa disadari sepenuhnya, tujuan juga tidak jelas, anggaran dasar dan
anggaran rumah tangga tidak ada dan hubungan-hubungan terjadi secara pribadi
saja.
Berdasarkan kaitan hubungannya dengan pemerintah
·
Organisasi
resmi
Adalah organisasi yang
yang di bentuk oleh pemerintah atau harus terdaftar pada lembaran negara.
Seperti lembaga pemerintahan, yayasan, dan perusahaab yang berbdan hukum.
·
Organisasi
tidak resmi
Adalah organisasi yang
tidaak ad hubungannya dengan pemerintah atau tidak terdaftar dalam lembaran
negara. Seperti klub olahraga, kelompok belajar dll.
Berdasarkan tujuannya
·
Organisasi
sosial
Adlah organisasi
nonprofit yang tujuan utamanya untuk melayani kepentingan umum. Seperti
pemerintah, yayasan-yayasan sosial, dll
·
Organisasi
perusahaan
Adalah organisasi yang
didirikan dengan tujuan komersial atau mendapatkan laba. Dan semua tindakannya
bermotif laba. Seperti firma,CV, PT dll.
4. Jelaskan asas pengorganisasian di
bawah ini :
·
Principle
of organisation objectives
·
Principles
of the span of management
·
Principle
of personel placement
Asas pengorganisasian
·
Principles
of organisation object
Menurut asas ini tujuan
organisasi harus jelas dan rasional, apakah bertujuan mendapatkan laba atau
tidak.
·
Principle
of span
Menurut asas ini seorang
manajer hanya dapat memimpin secara efektif sejumlah bawahan tertentu, misalnya
3 sampai 9 orang. Jumlah bawahan ini tergantung kecakapan dan kamampuan manajer
bersangkutan.
·
Principle
of personnel placement
Menurut asas ini
hendaknya penempatan orang-orang pada setiap jabatan harus didasarkan atas
kecakapan,keahlian dan keterampilan
5. Kemukakan 4 pilar pengorganisasian menurut
netti siska nurhayati
Pilar pertama
·
Pembagian
kerja (divison of work)
Adalah upaya untuk
menyederhanakan dari keseluruhan kegiatan dan pekerjaan yang mungkin saja
bersifat kompleks dan dapat menjadi lebih sederhana dimana setiap orang akan di
tugaskan dan di tempatkan di tempat yang sederhana tersebut
Pilar kedua
·
Pengelompokan
pekerjaan (departmentalization)
Setelah pekerjaan di
spesifikasikan maka kemudian pekerjaan-pekerjaan tersebut akan di kelompokan
bedasarkan kriteria tertentu dan sejenis. Pada dasarnya adalah prosesnya
penamaan dan pengalompokan bagian atau kelompok pekerjaan berdasarkan kriteria
tertentu.
Pilar ketiga
·
Penentuan
relasi antar bagian (hieracy)
Adalah proses penentuan
relasi antar bagiandalam organisasi, baik secara vertikal maupun secara
horizontal.
Pilar keempat
·
Koordinasi
(coordination)
Adalah proses dalam mengintegrasikan
seluruh aktifitas dari berbagai departemen atau bagian dalam organisasi agar
tujuan dari organisasi dapat tercapai secara efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar